Sunday, August 16, 2009

Eksibisi Banksy

Posting tamu oleh : Dhitta Puti Sarasvati

Saya belum sempat mengunjungi museum kota Bristol sejak museum dirombak khusus untuk eksibisi karya-karya Banksy. Eksibisi ini akan berakhir pada 31 Agustus, dan saya tampaknya harus menyempatkan diri ke sana. Banksy seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya merupakan salah satu seniman grafiti yang berasal dari Bristol. Tak banyak yang tahu siapa dia sebenarnya. Karya-karyanya cenderung merupakan kritik sosial, terhadap berbagai isu di dunia. Ia juga pernah membuat grafiti di tembok Palestina, sebagai sebuah aksi protes terhadap konflik yang terjadi di sana.

Yang menarik dari eksibisi Banksy di Bristol kali ini adalah bahwa persiapannya dilakukan secara rahasia. Yang tahu bahwa Banksy akan melakukan eksibisi di museum hanya kurator museum. Bahkan semua karyawan museum kaget, ketika hari pertama pembukaan eksibisi dan menemukan ,museum telah dirombak total. Untuk tahu lebih lanjut coba intip site ini.

Museum terletak di seberang jalan menuju jurusan saya. Saat itu saya sedang berjalan melalui museum dan cukup kaget dengan boneka Ronald McDonald yang duduk di atap museum. Ronald McDonald tampak sedih dan seakan-akan mau bunuh diri. Tampaknya itu sebuah visi yang ingin disampaikan Banksy. Ia tampaknya bermimpi bahwa suatu hari industri fast food seperti McDonald akan mati.

Di hari yang lain saya dibuat kaget lagi ketika melewati Oxfam yang terletak di jalan masuk ke jurusan saya. Saat itu Oxfam sudah tutup, tetapi ada tulisan berupa tanda terima kasih kepada penyumbang rahasia karya-karya Banksy kepada Oxfam. Karya-karya tersebut telah habis terjual dalam waktu yang sangat singkat dan menghasilkan uang belasan ribu poundsterling.

Oxfam Bookshop

Salah satu alasan saya tidak mengunjungi museum adalah karena setiap saya melewati museum saya melihat antrian yang teramat panjang. Bahkan setiap hari ada satu jalan (yang cukup lebar dan panjang) yang ditutup, karena penuh dengan antrian orang-orang yang mau melihat eksibisi Banksy. Banyak orang datang dari seluruh dunia untuk melihat eksibisi ini termasuk (katanya) para artis dunia. Hehe saya yang tinggal hanya 10 menit dari museum pun belum ke sana. :D

Source (picture):
http://www.nerdbanite.com/2009/08/ronald-mcdonald-bristo/
http://www.bristol-street-art.co.uk/street-art-blog/oxfam-selling-banksy-merchandise




Profil Kontributor
Puti, teman saya, seorang praktisi bidang pendidikan, menyelesaikan masternya di Bristol, England. Ini adalah salah satu postingnya tentang Bristol, kota yang ia tempati selama menjalani kuliahnya di sana. Anda dapat membaca tulisan-tulisan Puti lainnya di Warna Pastel & Mahkota Lima.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting