Sunday, May 2, 2010

8 Area Backpacker Terpopuler di Indonesia

Bangkok punya Khaosan Road, Ho Chi Minh City punya Pham Ngu Lao, Hong Kong punya Kowloon, nah... kalau kota-kota di Indonesia punya apa ya?

Kota-kota di seluruh dunia biasanya memiliki satu area backpacker yang cukup terkenal dan menjadi pusat berkumpulnya para backpacker yang berasal dari berbagai negara. Dari sana saya jadi kepikiran, kira-kira area backpacker di Indonesia ada di mana saja ya? Kan Indonesia juga termasuk destinasi wisata yang termasuk favorit bagi backpacker asing karena "eksotis" dan berlimpah matahari.

Kebetulan waktu saya browsing, saya menemukan liputan MetroTV, Virgie's Travel Story di internet (sayang videonya terputus & tidak lengkap) dan lalu menemukan artikel yang membahas mengenai liputan tersebut yang berjudul Lima Kampung Backpacker Terbaik di Indonesia. PS. Artikelnya menarik!

Lima kampung backpacker yang dibahas di liputan tersebut mencakup Jalan Sosrowijayan & Prawirotaman di Yogyakarta, Jalan Jaksa di Jakarta Pusat, Poppies Lane di Kuta Bali, dan Monkey Forest di Ubud Bali.


Sosrowijayan, Kampung Turis di Pusat Kota Yogyakarta.
Sumber: yogyes.com


Selain lima tempat tersebut, setelah saya googling lebih lanjut, ternyata ada banyak juga area backpacker yang tersebar di Indonesia, dan biasanya malah turis asing yang lebih tahu. Simak beberapa area backpacker di bawah ini yang mungkin patut Anda coba datangi:

(1) Yogyakarta - Jalan Sosrowijayan,
(2)
Yogyakarta - Jalan Prawirotaman,
(3)
Jakarta Pusat - Jalan Jaksa,
(4)
Kuta (Bali) - Poppies Lane,
(5)
Ubud (Bali) - Monkey Forest (Jalan Wanara Wara),
(6)
Semarang - Jalan Kauman,
(7)
Bromo - Cemoro Lawang, Sukapura/Tosari,
(8)
Danau Toba (Sumatera) - Tuk-Tuk.

Ada yang mau menambahkan?

Catatan Penulis:

Ngomong-ngomong, saya juga baru tahu tentang keberadaan sebagian tempat-tempat tersebut setelah melihat liputan MetroTV dan ber-googling ria tentang area backpacker mana saja di Indonesia yang paling sering muncul di mesin pencari. Nahhh... karena saya belum pernah menjelajah ke dalam semua beberapa lokasi di atas, jadi untuk informasi rincinya Anda bisa coba lihat bagian REFERENSI di bagian paling bawah artikel ini ya... Hehehe maap maap, lain kali kalau saya ke sana akan saya coba buat tulisannya deh. Oia, kalo mau bagi-bagi info tentang tempat-tempat di artikel ini, boleh lho...

+ + + + +

REFERENSI
- 5 Kampung Backpacker Terbaik di Indonesia
- Sosrowijayan, Kampung Turis di Pusat Kota Yogyakarta
- Prawirotaman, Kampung Batik dan Penginapan Yang Mendunia
- The history of world-famous Central Jakarta's Jl. Jaksa
- Accommodation on Poppies Lane I Kuta Bali
- Turis Asing Kembali ke Danau Toba
- The Rough Guide to Indonesia: Cemoro Lawang
- Wikitravel : Semarang Accomodation
- Bali, The Online Travel Guide: Ubud

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting