Thursday, April 29, 2010

Google Trike, Kendaraan Pemetaan Digital 3 Dimensi

Artikel ini terkait dengan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Merencanakan Itinerary dengan Google Earth.

Beberapa minggu yang lalu saya terkagum-kagum melihat kecanggihan Google Street View. Bayangkan, saya bisa melihat bangunan hostel tempat saya dulu menginap di Singapura secara 3 dimensi! Yah, memang cuma bagian luarnya sih, alias cuma keliatan pintunya aja. Tapi tetep aja kan canggih, hehehe...

Dan saat itu saya penasaran banget:
Apa sih alat yang mereka gunakan untuk memetakan lokasi-lokasi tersebut secara 3 dimensi?

Pertanyaan saya terjawab saat saya membaca majalah Reader's Digest, edisi Mei 2010, yang membahas mengenai kendaraan yang digunakan untuk pemetaan 3 dimensi tersebut. Ada beberapa jenis kendaraan yang digunakan, satu berbentuk sepeda dan satu lagi menggunakan mobil.

Yang unik adalah pemetaan yang menggunakan sepeda roda tiga, nama kendaraannya adalah Google Street View Trike, atau singkatnya: Google Trike.

Apa itu "Google Street View Trike"?

"Google Street View Trike adalah mesin mekanik yang dibuat dari sepeda roda tiga, sebuah kamera penangkap citra jalan yang ditempatkan lebih tinggi dari ketinggian pandang mata manusia, dan sebuah kotak yang terlihat seperti pendingin es yang biasa dibawa penjual es keliling. [...] Kamera yang ditempatkan di mesin ini memiliki beberapa lensa yang diarahkan ke berbagai sudut berbeda untuk menangkap gambar-gambar jalan secara bersamaan."
- ditulis oleh Maida Pineda, Reader's Digest (Mei 2010)
Ide Google Trike pertama kali diciptakan oleh Dan Ratner, seorang insinyur senior Google. Impiannya adalah memetakan jalan-jalan setapak yang sempit secara 3 dimensi, karena justru di jalan-jalan setapak yang tidak bisa dilewati kendaraan inilah yang biasanya memiliki lingkungan unik dan menarik, seperti pengalaman Ratner saat berada di Barcelona, Spanyol. Yup, dari sanalah ide Google Trike pertama kali muncul.

Bentuk Google Trike ini lucu, seperti yang dijelaskan Pineda, mirip kendaraan penjual es krim keliling! Walaupun demikian, berat Google Trike ini mencapai 130 kg. Tugas yang tidak mudah bagi para pengayuhnya, namun Zerus Lin (27), salah seorang Google Triker di Singapura, menyatakan bahwa ia lebih senang bekerja di luar ruangan dibandingkan terkungkung bekerja kantoran seharian penuh.



Penggunaan Google Street View untuk Traveling
Beralih ke Google Street View...

Kini traveling terasa menjadi lebih mudah dengan adanya Google Street View sebagai fitur pendukung Google Earth. Salah satu pengguna yang sudah merasakan manfaatnya adalah saya sendiri. Contohnya, dari fitur tersebut saya bisa melihat dan mempertimbangkan lokasi penginapan yang akan saya inapi di kemudian hari. Apabila lingkungan sekitar penginapan terlihat kurang "sreg" di hati, maka saya akan beralih ke penginapan lain yang lokasinya terlihat lebih baik. Itu baru salah satu manfaatnya, saya yakin masih banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan adanya pemetaan secara 3 dimensi ini.


Tampilan Google Street View
di sebuah persimpangan jalan di Manchester, England.

Sumber: wikipedia


Sayangnya untuk saat ini Google Street View belum bisa dinikmati secara lengkap dan mendunia karena masih dalam masa pengembangan. Namun beberapa kota di dunia sudah bisa Anda "kunjungi" dan lihat-lihat, seperti Cina, Jepang, Australia, Cape Town, Perancis, Spanyol, Amerika Utara, dan banyak lagi negara lainnya.

Hingga detik ini, pemetaan secara 3 dimensi ini masih terus menerus bertambah dan diperlengkap. Canggih!

Sudah siap untuk traveling ke belahan dunia yang lain? Tinggalkan backpack Anda, siapkan minuman serta cemilan secukupnya, duduklah dengan santai di depan meja komputer, kemudian nikmatilah traveling dengan Google Street View. :)

Temukan peta resmi area yang telah terdokumentasikan oleh Google Street View, selengkapnya, di sini: Streetview Landing Page Prototype.

+ + + + +

REFERENSI
- "Keliling Dunia Sampai ke Jalan Sempit: Topografi Peta Digital", oleh Maida Pineda. Artikel di Reader's Digest, edisi Mei 2010.
- "Street View: We can trike wherever you like", Official Google Blog.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting