Tuesday, August 23, 2011

Tips Memesan Paket Tour Online di AirAsiaGo.com

Posting tamu oleh: Wenny Rosliana



Setelah tangan kami memegang tiket ke Phuket, kami dihadapkan dengan 2 pilihan wisata yang harus kami pilih salah satu, mengingat kami ke sana hanya ketika akhir pekan. Pilihannya adalah Phi Phi Island --yang terkenal karena film "The Beach" yang salah satu pemerannya Leo Di Caprio-- atau ke James Bond Island. Kalau ke Phi Phi itu kegiatannya berenang dan snorkeling, kalau ke James Bond Island itu kegiatannya canoeing melalui goa stalagtit stalagmit. Keren sih dua-duanya, tapi lebih murah ke Phi Phi. Jadi kita putuskan untuk ke Phi Phi ajah, hihihi...



Setelah mencoba bertanya mengenai paket tour di beberapa travel agent di Jakarta, ternyata jadinya mahal banget karena paket mereka termasuk hotel. Padahal kami sudah booking penginapan murah di hostelworld.com. So, alternatifnya adalah membeli paket tour online. Hmm, tapi kan kita ngga ada yang pernah ke Thailand. Nanti kalau sudah bayar trus di sana orang travel-nya ga muncul apa kabar. Huaaa, gelisah melanda... Tapi kalau tidak menggunakan paket tour bakal lebih mahal lagi karena kita mesti nyewa private boat buat menyebrang ke Phi Phi Island nya. Waduuuh, gimana yaaa...



Lagi bingung-bingungnya, tiba-tiba terpikir...

Aha! Kenapa ngga booking di AirAsiaGo.com aja?



Air Asia GO adalah website milik AirAsia yang mengurus hotel, paket tour, dan lain-alin. Langsung deh menuju ke AirAsiaGo.com trus pilih Activity & Tours, trus pilih currency nya IDR supaya harganya muncul dalam rupiah. Voila! Muncul lah beberapa tour yang bisa kita pilih. Horeee! Secara ini milik AirAsia jadi gw bisa yakin bahwa kita akan baik-baik saja, at least kalo mau complain gw tau harus complain ke mana.





Tampilan "Browse & Book" Air Asia GO.



Perjalanannya kami akan menghabiskan 3 hari 2 malem. Jumat berangkat dari Jakarta sekitar jam 5 sore, sampai di Phuket jam 8an. Artinya di hari pertama kita ngga ke mana-mana, cuma walking tour di sekitar hotel saja. Hari Sabtu kita bisa full day tour, dan hari Minggu nya kita bisa half day tour. Kemudian sorenya ke bandara untuk balik ke Jakarta lagi.



Pilihan pertama yang ada di AirAsiaGo.com adalah "Transfer from Airport to Hotel". Jangan pilih yang ini yah. Mahaaal... Waktu kami beli langsung di sana, harganya hanya 150 baht (Rp 45.000,-/orang) dengan jenis mobil yang sama dan diantar sampai depan hotel, ga pake nyasar. Pas keluar dari Bandara juga banyak kok Limousine yang ngetem. Tinggal tanya-tanya saja yang tujuannya ke hotel kamu.







Pilihan Airport Transfer.


Untuk half day tour di hari Minggu, kami memilih Phuket City Tour. Dengan harga sekitar Rp 190.000,-/orang kita dijemput di hotel, diajak keliling kota, dan diantar sampai bandara. Kalo dihitung dengan airport transfer-nya, berarti sebenarnya paket tour ini harganya tidak sampai Rp 150.000,-/orang!



Untuk full day tour di hari Sabtu, kami punya 2 opsi, James Bond Island atau Phi Phi Island. Dilihat dari harganya, kayanya pilihan yang gampang nih. Pastinya kita pilih yang paling murah dong, hihihi... So, we booked a tour to Phi Phi Island.





Phi-Phi Island atau James Bond Island?



Nah, setelah pilih departure date dan jumlah orangnya, klik next step. Isi lokasi penjemputan atau kalau ada special request bisa disebut di situ, terus klik continue sampai ke tahap pembayaran via kartu kredit. Setelah transaksinya confirm, tinggal tunggu email dari AirAsia. Di email itu akan ada kode booking dan nomor telepon lokal Thailand yang harus dihubungi paling lambat 24 jam sebelum tour dimulai untuk konfirmasi. Ini dia nih yang ribeut.



Selain harus telpon yang roaming international, nahh bahasa Inggris gw kan you-know-i-know. Mana bahasa Inggris-nya si orang Thailand juga you-know-i-know. Jadi pas telpon sering banget mengulang kata "What?", "Pardon me?", "Yes...", "No..". Udah tebak-tebakan aja dah yang dia maksud dan yang gw maksud. Mudah-mudahan ajah nyambung. :))



Setelah proses telpon-telponan yang tebak-tebakan dan deg-deg-an pulsanya, akhirnya selesailah proses konfirmasi booking tour. Yang kerennya nich, pas sampe di hotel, pihak hotel udah tau kita mau ikut paket tour. Jadi si orang tour-nya kirim fax ke hotel bahwa gw dan teman-teman akan menginap dsana dan akan dijemput tanggal sekian, jam sekian, untuk jalan-jalan ke suatu tempat. Wuiiihhh kereeennn...



Ketika sedang check-in hotel gw dikasih fax itu lalu disuruh confirm, jadi kalau ada perbedaan bisa langsung diperbaiki saat itu juga. Luckily everything going smoothly!



Proses check-in selesai,

proses booking paket tour selesai,

sekarang saatnya jalan-jalan! :)




Profil Kontributor

Wenny, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintahan di Jakarta. Hobi jalan-jalan dengan budget minim dan sudah berencana untuk jalan-jalan lagi dalam waktu dekat. :)



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting