Sunday, January 24, 2010

Packing Light!

Gambar dipinjam dari sxc.hu

Desember 2009 lalu adalah perjalanan backpacking pertama saya ke luar negeri, ke 4 negara SE Asia bersama 2 orang teman selama 10 hari, dengan hanya berbekal backpack alias ransel di punggung. (Iyalah, namanya juga backpacking, hehehe...)

Pas ransel saya ditimbang, awalnya sih cuma 7 kilogram, ealahhh pas pulang-pulang sudah berevolusi jadi 13 kilogram! Ck. Nambah 6 kilo! (Berkat belanja oleh-oleh nih, hehehe...) Untung aja batasan bagasinya 15 kilo, jadi ga kena overcharged. Berarti laen kali musti lebih jago lagi deh, kalo bisa ya cuma 5 kilo aja yang dibawa dari rumah. Hoho...

Lagi-lagi banyak teman yang bertanya kepada saya, apa saja sih yang penting dibawa selama jalan-jalan ala backpacker?

Saya sendiri sih karena memang masih amatiran, kemaren-kemaren juga sempet googling cari info. Namanya juga backpacking pertama kali, pengen semuanya lancar dan terkendali dong yaa... :)

Pertama soal aturan bawa cairan ke kabin & bagasi.
Saya sendiri masih ketuker-tuker, beda kabin sama bagasi. Hwahahaha! Kabin itu maksudnya, dibawa masuk ke pesawat. Sedangkan bagasi sebaliknya, pokoknya ngga dibawa masuk ke dalam pesawat deh. Ransel kami sih kami masukkan ke bagasi (dengan batasan 15 kilo tadi), jadi sebenarnya kami belum expert-expert amat dalam soal packing light.

Buat para backpacker yang udah expert, mereka bener-bener cuma bawa satu ransel dan dibawa ke kabin, jadi ngga perlu ngabisin waktu untuk check-in bagasi.

Bawa cairan ke kabin masih diperbolehkan selama kapasitas botol yang dibawa tidak lebih dari 60 ml. Dan cuma boleh dibawa sebanyak 5 botol (tapi lebih baik coba cari info lagi soal aturan ini). Botol air minum sudah pasti akan disita atau disuruh dihabiskan di tempat saat itu juga. Sedangkan untuk aturan cairan dibawa ke dalam bagasi, tampaknya masih diperbolehkan.
-- Setidaknya masih diperbolehkan di 4 negara yang kami datangi itu (Singapore, Malaysia, Vietnam, & Thailand).

Laluuu...

Mari kita mulai packing:
(1) Paspor, kartu NPWP, tiket pesawat, uang (+fotokopi2 dokumen tersebut) - Karena kami bepergian ke 4 negara, maka demi alasan kepraktisan, kami hanya membawa USD untuk ditukarkan sesampainya di negara yang dituju. Jangan lupa untuk fotokopi dokumen-dokumen yang dibawa, jaga-jaga kalo ada kehilangan atau semacamnya (amit-amit).
(2) Tas kecil/daypack - Ini penting untuk dibawa jalan-jalan, ngga mungkin kan kita bawa-bawa ransel kita kemana-mana.
(3) Toiletries - Sabun, shampoo, sunblock, deterjen (cuci baju sendiri buat menghemat), dsb.
(4) Baju - Saya sendiri membawa sekitar 5 kaos, 2 blus, 2 jaket, 2 celana pendek, 1 rok panjang, 1 topi, 1 scarf, 1 jeans, 2 handuk ringan, 2 pasang kaos kaki, sepasang sandal, dan sepasang sepatu. Pas berangkat, saya mengenakan kaos+jaket+jeans+sepatu, jadi barang bawaan di ransel juga berkurang. Tapi tentu saja lebih sedikit bawa barang ya lebih baik, tergantung kebutuhan dan taraf kemodisan, hehehe... FYI, waktu itu kami sempat bertemu dengan seorang backpacker yang cuma bawa 2 kaos & 2 celana untuk jalan-jalan selama 2 bulan! Hooo, EXPERT! :D
(5) Botol minum! - Ini sangat PENTING, dengan adanya ini, kita bakal amat sangat menghemat! Hehehe...
(6) Cadangan makanan - Abon sapi, energen, dsb. Lagi-lagi, karena alasan budget, hehehe...
(7) Peta & guidebook - Guidebook ngga perlu beli, googling aja info-info yang kira-kira perlu trus di-print! GRATIS. Soal peta, biasanya banyak disediakan gratis di bandara international, jadi tenang saja.
(8) Charger & international travel plug adapter - Jangan lupa perangkat yang satu ini, pentingggg. International travel plug adapter diperlukan apabila di negara yang kita datangi, colokannya beda. Jadi mending kita beli satu aja jenis yang ini, karena plug adapter ini bisa kita ubah-ubah bentuknya sesuai dengan colokan yang dibutuhkan.
(9) Kamera digital point-and-shoot- Praktis dan relatif aman dari incaran mata-mata yang nakal *halah*
(10) Notebook kecil & bolpen - Berguna untuk tukeran facebook & ngisi kartu imigrasi, hehehe...

Oia, kalau-kalau ada yang penasaran: backpack saya dan teman-teman saya berkapasitas sekitar 45-55 liter.

Okeh, sepertinya itu dulu. Semoga membantu! :)

Untuk info yang lebih lengkap, mungkin bisa lihat di sini:
http://www.onebag.com
http://www.startbackpacking.com/travel/backpacking-packing-list
http://www.women-on-the-road.com/travel-packing-list.html
http://offtrackplanet.com/backpacking-101/backpackers-guide-101-backpacks-packing
http://www.independenttraveler.com/packing

*gambar travel plug adapter dipinjam dari ebay.co.uk

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting