Sunday, February 7, 2010

CouchSurfing : Berkeliling Dunia dengan Hemat & Seru

"CouchSurfing is not about the furniture, not just about finding free accommodations around the world; it's about making connections worldwide."
- CouchSurfing.org
Bagi yang sudah pernah membaca buku "Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dollar" karya Marina Silvia K. (walaupun tidak benar-benar 1000 USD karena belum termasuk tiket pesawat dan sebagainya), pasti sudah tahu tentang ide CouchSurfing. Saya sendiri --dan mungkin banyak orang Indonesia lainnya-- baru tahu tentang ide menarik ini setelah membaca buku tersebut.

Buku "Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dollar" ini sempat booming di Indonesia karena judulnya yang menggiurkan. (Modal 10 juta bisa keliling Eropa selama 6 bulan??? Hmmm, sounds tempting!...)

Bagi yang belum pernah membaca buku tersebut atau bahkan belum pernah mendengar tentang CouchSurfing, ini mungkin berita baik buat Anda. Saya sendiri belum pernah mencoba CouchSurfing (mungkin suatu hari nanti, doakan saya agar cepat menyusul, hehe~!), tapi saya telah banyak mendengar dan membaca tentang dampak positif kegiatan ini di seluruh penjuru dunia.

Apakah CouchSurfing itu?
Ide CouchSurfing pertamakali diciptakan oleh Casey Fenton pada tahun 2000. Berawal dari saat Fenton mendapatkan tiket pesawat murah dari Boston ke Iceland. Alih-alih menginap di hostel, Fenton mengirim email ke 1500 pelajar dari University of Iceland, menanyakan apakah dia bisa menginap di tempat mereka. Fenton mendapatkan setidaknya 50 email balasan yang menawarkan tempat mereka sebagai tempat menginap. Sepulangnya dari Iceland, Fenton mulai mengembangkan ide tersebut yang mendasari terbentuknya komunitas CouchSurfing.

Apakah misi CouchSurfing?
"CouchSurfing seeks to internationally network people and places, create educational exchanges, raise collective consciousness, spread tolerance, and facilitate cultural understanding."
Intinya, CouchSurfing mempermudah interaksi dengan warga lokal, sehingga kita bisa lebih memahami budaya mereka dan hidup dengan cara mereka. CouchSurfing adalah cara seru untuk bepergian dan bertemu orang dari segala penjuru dunia, dengan hemat.

Apakah layanan ini benar-benar gratis?
Ya, layanan ini benar-benar gratis. CouchSurfing adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk komunitas global. Banyak CouchSurfer yang membawa hadiah maupun mentraktir makan siang sebagai rasa terimakasih mereka, tapi ini pun seikhlasnya saja.

Apakah saya harus mengizinkan semua orang menginap di tempat saya?
Tidak juga. Anda bisa menolak maupun mengizinkan orang yang Anda pilih sebagai CouchSurfer. Anda pun dapat tidak memilih opsi "menyediakan tempat menginap", dan dapat hanya menawarkan ngopi bareng atau mengantarkan para CouchSurfer ini berkeliling di kota Anda sebagai pemandu wisata dadakan.

Sebagai penutup, di bawah ini adalah reportase BBC News tentang CouchSurfing:



Tertarik?

Segeralah daftar di CouchSurfing.org. :)

+ + + + +

Referensi lebih lanjut:
http://en.wikipedia.org/wiki/CouchSurfing
http://www.couchsurfing.org/about.html
http://wiki.couchsurfing.com/en/FAQ
http://matadornetwork.com/focus/couchsurfing/
http://www.nomadicmatt.com/travel-blogs/couchsurfing
http://www.women-on-the-road.com/couch-surfing.html
http://www.getrichslowly.org/blog/2009/08/03/how-to-use-couchsurfing-to-see-the-world
http://www.indobackpacker.com/2009/01/catatan-gathering-indobackpacker-kumpul2-backpacker-dan-traveler-part-2-the-end/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting