Saturday, February 27, 2010

Perjalanan 3 Negara : Singapore - Phuket - Hat Yai - KL (Part-1)

Posting tamu oleh : Arlinda Wibiayu

Acknowledgement

Kalo artson bilang ”petualangan di mulai dari ketika kita merencanakan perjalanan” saya ngerasain sekali benernya ketika nyusun rencana perjalanan kali ini. But it’s fun.

Bermula dari ngilernya saya membaca cerita perjalanan orang di blog mereka (Asep, Bang Ikman, etc, thanks anyway for all the information).

Rencana
Makanya mulai deh saya browsing segala hal yang berbau backpacking sampe beli buku mulai "Travellers Tale", "Naked Traveller", "Merencanakan Sendiri Jalan-Jalan Keliling Dunia", "Ciao Italia" sampe terakhir "6 bulan di Eropa dengan 1000 USD" (mungkin harusnya saya beli "Lonely Planet South-East Asia on the Shoestring", abis di jalan banyak para backpacker yang bawa-bawa buku ini).

Sebenernya rada khawatir juga sih, secara belum ada berita kapan akan ada Prajab (nasib CPNS) Tapi kalo gak segera beli tiket, bisa-bisa tambah mahal deh ongkos jalan-jalannya. Makanya pas bulan September saya dan temen mutusin untuk beli dulu tiket Jakarta-Batam dengan Mandala. Saat itu yang jelas mau ikutan lagi-lagi cuma 3 orang, saya, Denik dan Sekar.

Sampe bulan Desember belum ada juga gosip-gosip soal prajab, ya udah deh akhirnya saya membulatkan tekad untuk tetap berangkat bulan Januari 2009.

Walau itenary sempet ganti-ganti, akhirnya keputusannya jadi seperti ini :
Jakarta > Batam > Singapura > Phuket > Hat Yai > Kuala Lumpur > Jakarta,
dengan satu selipan kota Johor Bahru dengan alasan kami harus ambil tiket kereta KTMB di Malaysia.

Penginapan pun sudah dipesan dengan modal kartu kredit teman kantor (makasih ya Bu Sandhy).

First Day
Penerbangan Mandala ke Hang Nadim yang tadinya jam 09.30 dimajuin jadi 08.10, rada aneh juga sih, biasanya kan delayed tapi ini dimajuin. Tapi bersyukur juga karena jadi bisa rada santai perjalanannya. Kenapa kita pilih ke Batam dulu, ya karena menurut informasi lebih murah. Lagian gak dapet tiket lain yang lebih murah, lagian kan fiskalnya lebih murah. Tapi ternyata bisa bebas fiskal euy... :)

Sampe di Hang Nadim kita sempet lihat-lihat bandara sebentar. Ternyata ada agen ferry di bandara yang katanya lebih murah dibanding kalo beli di seaport. Kami juga sempet tanya-tanya di pusat informasi turis di Bandara kalo mau wisata di Batam apa aja. Langsung dijelasin dan dikasih buku informasi wisata yang bagus banget, tapi sayang sama sekali nggak handy kan jadi males bawanya. Tapi teteup di bawa dengan niat buat promosi wisata Indonesia alias dikasih ke bule yang ketemu deh (dan akhirnya kesampean juga) :D

Harga ferry beda dengan informasi dari blogwalking, udah naek kali ya. Untuk ferry Penguin one-way udah 16 SGD (beda 1 SGD dengan beli di seaport) sedangkan PP-nya 18 SGD. Karena cuma butuh one way ya saya beli yang one way aja lah (kalo beli PP tanggalnya open kok, so don’t worry). Udah dapet tiket saya langsung cari taksi untuk ke Batam Center (70 ribu bisa di bagi 3, lumayan).

Berhubung perut sudah lapar, saya n yang lain mutusin untuk makan dulu di Batam Center. Yang langsung dicari pastinya tempat penitipan tas dong (berat euy). Ternyata ada di lantai satu deket Es Teler 77. Tas udah dititipin langsung makan, karena males cari-cari lagi, kami langsung makan di sebelah penitipan tas (maksudnya ya di Es Teler 77)

Perut udah kenyang kami langsung ambil tas n ke seaport. Nah di sini mulailah berurusan dengan imigrasi.

Pertama langsung ke counter Penguin untuk semacam check-in gitu deh. Ternyata selain tiket, seaport tax juga naek, jadi 7 SGD (berasa dirampok, mahal amat sih tax aja). Kedua, adalah counter-nya imigrasi. Saya sudah siapin fotokopi passport n NPWP. Alhamdulillah langsung lanjut tuh... gak ada bayar fiskal (ternyata bener-bener bebas fiskal). Ketiga, ke atas untuk pemeriksaan terakhir, trus tinggal nunggu untuk ferry Penguin selanjutnya. Kami dapet ferry yang jam 2, sempet ngobrol sama seorang bapak keturunan tionghoa yang juga mengeluh tentang harga tiket penyeberangan yang sekarang mahal menurut dia (beli di seaport PP 41 SGD, ih mahal amat ya)

Kami sampai si Harbourfront jam 4 waktu Singapura yang lebih cepet satu jam dari Jakarta, perjalanannya sendiri cuma makan waktu 1 jam. Waa pelabuhannya jauh lebih bagus dari yang di Batam Center (apalagi dari pelabuhan Merak dan Bakauheni). Urusan imigrasinya lancar-lancar aja tuh.

Sebelum lanjut naek MRT kami sempet ke luar untuk lihat-lihat. Ternyata kompleks mall Harbourfront ini sebelahan sama Vivo City (mall juga sih, tapi rada lebih baru aja).

Di MRT sempet bingung apa langsung beli EZ Link aja, tapi kita tanya sama petugasnya katanya kalo cuma 2 ato 3 hari gak usah beli karena sayang. Ya udah kita beli tiket untuk ke stasiun kembangan yang paling deket sama hostel kita.

Frankel Hostel tempat kami nginep gak terlalu susah dicari sih, tapi pintunya rada saru, alias gak terlalu jelas kalo di sana ada hostel. Secara cuma ditempelin tulisan di pintunya aja. Kami harus naek tangga ke lantai 3 dimana hostel itu berada. Kami sebelumnya pesen triple bed yang ada di GAS 81, tapi karena katanya penuh kami dipindahkan ke Frankel ini deh. Kamarnya kecil, kasurnya tipis, lumayan lah buat istirahat aja tapi ada satu komputer yang bisa dipake browsing n telpon yang bisa dipinjem kok (O ya disini kami harus self check in, alias gak ada host or sejenis resepsionis gitu, ngambil kunci dari deposit box yang kodenya udah dikasih tau via email)

Setelah bersih-bersih kami telpon Lee (Frankel Hostel person in charge, istilahnya) untuk bayar and cari info-info. Kami putusin ke Chinatown yang katanya bakalan rame karena ada festival Chinese New Year. Yup it was very crowded.

Perut udah mulai laper nih kami cari makanan yang ada tulisan halal-nya. Ketemu di Mosque St, restoran campuran gitu tapi ada booth yang berlabel halal. Kami pesen Nasi Goreng Ikan Bilis dan roti prata untuk dimakan bertiga (cukup kenyang kok) ditambah teh tarik. Selese makan kami jalan-jalan lagi untuk sekedar lihat-lihat. Karena sudah cukup malam kami memutuskan untuk pulang ke hostel.

Sebelum pulang kami sepakat untuk beli EZ Link card dulu biar kalo jalan-jalan gak repot mikir ongkos. EZ Link ini bisa dibeli dengan harga 15 SGD. Maksudnya kita beli kartu 5 dolar trus depositnya 10 dolar dan bisa balik kalo masih sisa. Dan kalo mau abis kita tinggal top-up aja deh.

Sampe di hostel kami sempet coba internet sebentar trus istirahat biar besok siap untuk jalan...(bersambung, mudah2an saya gak males ya)

Bersambung ke Perjalanan 3 Negara : Singapore - Phuket - Hat Yai - KL (Part-2)

Sumber foto : dreamstime.



Profil Kontributor
Ayu, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintah dengan latar belakang bidang farmasi. Gaya backpackingnya adalah mengunjungi beberapa tempat sekaligus dan (tampaknya) sudah berencana untuk backpacking lagi dalam waktu dekat. :) Tulisan Ayu lainnya dapat ditengok di Arlinda's Site.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting