Wednesday, March 24, 2010

Backpacking in Bali: The Budget

Posting tamu oleh: Wenny Rosliana

Gw heran.

Pulang dari Bali yang ditanya bukannya kisah perjalanan gw selama di sana, ehh malah tanya budget-nya. Tapi gpp deh, emang gw ngirit-ngiritan sih di sana, hehehehe...

Tiket Pesawat
Dimulai dari hunting tiket pesawat murah. Untuk trip bulan Juni 2009, gw beli tiketnya Agustus 2008. Saat itu AirAsia.com lagi promo 1.000.000 free seat. Yang itu kursi cepet banget abisnya. Dia pake indikator bar gitu. Kalo bar-nya warna hijau berarti tiket gratisnya masih banyak, kalo kuning tinggal sedikit, kalo merah berarti tiket gratisnya udah sold out.

Destination yang paling cepet abis itu Bali, Medan sama Bangkok. Pada saat itu direct flight ke Singapore belum ada. Pengertian gratis di sini juga bukan gratis tis, tetep aja ada biaya fuel surcharge (sekarang udah ga ada) + vat + dan lain-lain lah.

Intinya gw dapet tiket Jakarta-Bali-Jakarta 537.000 after tax.

Sampe di Bandara Ngurah Rai, gw laper trus mampir ke Solaria bandara. Harganya +3.000 dari harga Jakarta per item nya. Di situ gw tanya sama mbak-nya kalo mau ke Pantai Kuta ada angkot ngga? Si mbak-nya bilang ga ada. Kalo mau murah, naek taksi Blue Bird tapi naeknya di luar bandara. Ga kayak di Jakarta yg dari bandara ke rumah penduduk jauh. Di Bali deket kok, bisa jalan kaki aja.

Setelah gw ikutin saran si mbak Solaria, naek taksi Blue Bird lah gw. Trus gw bilang ke abangnya "Pak ke pantai kuta. Ke penginapan yg murah yg pake kipas angin," trus si pak supir bilang "Oh, kalo yang kaya gitu banyaknya di jalan Benesari." Syipp lah... meluncur deh kita ke Jalan Benesari. Sampe di jalan Benesari hanya dengan argo 18ribu sekian. Cingcay lah jadi 20ribu. Kabarnya sih kalo naek taksinya dari dalem bandara, tarif taksinya borongan 50ribu.

Akomodasi
Sampe di Benesari kita mulai keluar masuk hostel tujuannya untuk cek harga. Cari yang paling sesuai. Range harganya untuk kamar dengan 2 kasur + kipas angin + kamar mandi di dalam itu 80ribu - 150ribu. Yang 80ribuan itu bentuknya kaya kos-kosan. Yang 150ribu itu ada kolam renangnya di taman. Gw akhirnya pilih yang harganya 100ribu. Kaya gini nih bentuknya:

Komala Indah Cottage.
Foto (c) Wenny Rosliana, 2009

Penginapan gw itu namanya Komala Indah Cottage. Letaknya di belakang Kamasutra Pub. Ini cottage walaupun letaknya di dalem gang tapi deket banget dari pantai Kuta. Cuma jalan kaki ga sampe 3 menit. Kaya dari halte busway Polda Metro ke Pacific Place deh.

Transportasi
Untuk transportasi selama di Bali: Gw sewa motor. Harganya tuh 50ribu/24 jam. Terserah mau lo bawa ke mana aja. Cuma perlu ngasih jaminan 200ribu sama titip KTP asli. Tapi ntar pas balikin motor, uang ama KTP-nya kembali lagi. Gw sewa buat 2 hari dan dapet motor Mio. Selama 2 hari itu gw abis buat beli bensin 25ribu. Padahal itu motor udah gw pake muter-muter.

Enaknya jalanan di Bali itu ga macet dan banyak petunjuk jalannya (plang ijo). Jadi ga usah takut nyasar. Penduduk asli Bali juga friendly kok, cuma mereka bermasalah ama jarak dan arah. Mereka kalo nunjukin jalan itu utara-selatan-timur-barat gt. Trus kalo bilang 100 meter, itu bisa berarti 1 km. Dan kalo mereka bilang 30 km, itu bisa brarti 300 meter. Wakakakakakaak.

Water Adventure
Setelah sunset pertama dinikmati di pantai Kuta, besok paginya kita ke Tanjung Benoa. Triknya biar dapet murah: selalu beli paket water adventure di travel agent yang tersebar di sepanjang jalan Legian-Kuta sampe ke dalem gang kecil.

Jangan bayarnya on-the-spot. Karena harganya jauuuhhh lebih mahal.

Perbandingannya nih:
Parasailing: di agent 80ribu, di lokasi: 120ribu
Jet Sky: di agent 120ribu, di lokasi: 200ribu
Diving: di agent 350ribu, di lokasi: 500ribu.

Nah gw beli paket yg dapet parasailing+jetsky+diving hanya dengan harga 375ribu rupiah saja. Wakakakakakakkak! Puass banget rasanya! :)

Kuncinya, lo tawar sebisa-bisanya lo nawar. Sampe murahhh banget. Dari ngerayu sampe memelas. :P

GWK = Patung Tertinggi di Dunia yang Ngalahin Liberty

Dari maen aer di Tanjung Benoa, gw meluncur ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). GWK ini letaknya di atas bukit. Objek wisatanya itu patung Wisnu yang lagi nunggangin Garuda sebagai kencana-nya. Sayangnya patung ini blom selesai dibuat.

Gosip-gosipnya sih selain terkendala masalah dana, kalo udah jadi, patung ini akan menjadi patung tertinggi di dunia yang ngalahin Liberty. Ada unsur politis kali yee.... Dan another gossip ada yang bilang kalo patung GWK yg sekarang aja udah bisa keliatan dari Australia. But I doubt that. Soalnya pas gw parasailing yang bentuk pulau Bali aja keliatan pada saat terbang, GWK-nya ga keliatan tuh. Apa gw kebetulan ga ngeliat aja kali yee...

Untuk masuk ke GWK bayar 20ribu. Menurut gw itu mahal, secara cuma buat liat patung doang. Borobudur aja kaga segitunya.

Sunset di Tanah Lot

Dari GWK, gw menuju ke Tanah Lot buat ngedapetin sunset di sana. Tapi ternyataaaaa... Dari GWK ke Tanah Lot itu jauuuhhh banget! Perjalanan naek motor sekitar 2 - 2,5 jam deh. Fiuhhh... Yang ada pas sampe Tanah Lot cuma duduk dengan tenaga yang tersisa ngeliatin orang foto-foto.

Tapi sunset di Tanah Lot itu lebih keren daripada di Kuta. It worth to see. Bayar masuk ke Tanah Lot 7.500/orang. Motor 2.500. Setelah magrib di Tanah Lot, kita kembali ke hostel di Kuta. Dan ini adalah friday night. Sayang banget tidur cepet. Jalan-jalan ke Legian ahh...

Heaven in Hell
Gw menyebut Jalan Legian itu "SEPANJANG JALAN MAKSIAT".
Giilllaaaa itu tuh beneran heaven in hell. Musik-musik dugem dari pub di kiri kanan bikin pengeng. Itu gw yang di jalanan, gimana yang di dalemnya ya?? Hmmm... itu baru dari indra pendengaran, kalo dari indra mata lebih kacau lagi... Wakakakakakak. You know what I mean. :P

Oleh-Oleh!
Besoknya gw jalan ke Denpasar, Sanur trus ke Pasar Sukowati buat beli oleh-oleh. Di Sukowati kalo nawar mesti tega-tegaan.

Sarung Bali yg warna-warni itu mereka buka dengan harga 60ribu, dan gw dapet dengan harga 14ribu! Wakakakakakk... Walaupun itu blom puas banget sebenernya, soalnya nyokap bisa beli dengan harga 10ribu beberapa tahun yang lalu.

Budget buat belanja di sini ya tergantung kebutuhan aja. Bisa mahal bisa murah. Gw abis sekitar 200ribu itu udah dapet 17 items berbentuk sarung bali, baju, tas, ama kalung kerang.

Seafood at Jimbaran

Sebenernya ada 1 spot lagi yg worth to come yaitu Jimbaran. Jimbaran itu tempat makan seafood di pinggir pantai (masih terusannya pantai Kuta). Katanya sih keren tapi sesuai ama harganya. Temen gw makan seafood di Jimbaran abis 500ribu sekali makan.

Kalau mau macem-macem seafood-nya = 100ribu; 1 ekor lobster = 400ribu. Wakakakakkaak makin deg-deg-an aja gw ngeluarin duit di sana. Hmmm, ga jadi deh... Toh kalo mau makan seafood di pinggir pantai, di Jakarta ada Bandar Jakarta kok. Dengan harga yang normal. Hehehehhe... Akhirnya sunset terakhir gw nikmatin di Kuta aja.

Besok paginya gw langsung check out dan kembali ke Jakarta pake pesawat jam 10 pagi.

+ + + + +

Jadi total dana yg dikeluarin:
Tiket Pesawat PP: 537.000
Airport Tax PP: 70.000 (40ribu di soekarno hatta, 30ribu di ngurah rai)
Damri PP: 40.000
Hotel 3 malam: 300.000
Motor 2 x 24jam: 100.000
Parasailing+jet sky+diving: 375.000
Karcis GWK & Tanah Lot: 30.000 (GWK 20ribu, Tanah Lot 7500, motor 2500)
Bensin motor selama 2 hari: 25.000
Oleh-oleh: 200.000

Total: 1.677.000 Blom termasuk makan. Buat orang muslim, menurut gw susah makan di Bali. Takut ga halal. Jadi pilihannya kalo ga indomie telor, ya fastfood. Itungannya 50ribu lah buat seharian (3 kali makan).

Thatz all.

Profil Kontributor
Wenny, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintahan di Jakarta. Hobi jalan-jalan dengan budget minim dan sudah berencana untuk jalan-jalan lagi dalam waktu dekat. :)