Wednesday, March 17, 2010

Perjalanan 3 Negara : Singapore - Phuket - Hat Yai - KL (Part-3)

Posting tamu oleh: Arlinda Wibiayu

Sambungan dari Perjalanan 3 Negara : Singapore - Phuket - Hat Yai - KL (Part-2)

Explore Singapore
Akhirnya kesempatan untuk keliling Singapur terlaksana di hari ketiga perjalanan kami. Sebelum jalan-jalan, karena deposit EZ Link tinggal dikit saya putusin untuk nambah deposit 10 SGD sekedar untuk jaga-jaga aja. Sebenarnya Top-Up EZ Link bisa di mesin,tapi gak tau kenapa mesinnya muntahi lagi kartu saya. Sebel... Katanya sih kartu saya cuma bisa top-up di stasiun City Hall. Ya sudah lah, saya antri aja di passanger service.

Di mulailah perjalanan kami di Capitol Hill, pokoknya semua landmark di Singapur deh harus bisa dilihat hari itu, karena besok kami sudah harus ke Phuket. Dengan berbekal peta singapur yang kami ambil dari penginapan (halal kok, karena ada tulisan free map), kami mulai mencari-cari landmark kota yang memang ada di peta tersebut.

Sempet masuk ke Esplanade yang ternyata emang keren. Tapi saya heran juga ternyata patung Merlion cuma begitu aja, bisa menarik jutaan wisatawan untuk foto di sana. Singapur emang hebat mengemas tujuan wisata disana.

Sengsara Membawa Nikmat
Selese keliling, kami putusin untuk langsung menuju Sentosa Island. Nah untuk kesana cuma bisa naek bus to Sentosa yang ada di seberang Harbourfront. Karena udah siang dan perut kami laper, kami putusin cari makan di Vivo City. Tapi halal food disana mahal-mahal euy. Tapi kami sempet beli apel yang udah disingkirin tapi masih bisa dimakan lah (baru kali ini deh beli yang begituan).

Kami coba ke Harbourfront, ternyata karena lagi Chinese New Year banyak yang tutup. Setelah diskusi akhirnya kami putusin untuk makan di KFC aja kalo gak nemu tempat makan juga.

Berhubung belum sholat, saya tanya dimana tempat di sholat kalo di mall tersebut dengan petugas mall. Ternyata gak ada, sial. Trus saya tanya aja ke seorang ibu yang pake kerudung dimana tempat sholat terdekat. Dia langsung ngasih info kalo ada masjid di sebrang, cuma memang harus jalan lumayan namanya masjid Temanggong. Gak apa-apa deh, dari pada gak tenang kalo belum sholat. Ketika menuju masjid kami lihat banyak orang lalu lalang dari sebrang jalan juga. Yippe.. ternyata ada pusat jajanan yang isinya makanan halal semua, namanya Seah Im Food Centre.

Nasi Ayam seharga 3USD.
Foto (c) Arlinda Wibiayu, 2009

Setelah sholat (lagi-lagi kami bisa isi air minum disini) kami langsung menuju tempat makan tersebut dan pesen nasi ayam seharga 3 SGD dan saya beli es teh tarik seharga 1 SGD (best teh tarik selama di Singapur).

Perut udah kenyang, sekarang kami mau antri naik bis ke Sentosa Island. Sumpah penuh banget. Setelah beli tiket seharga 3 SGD, kami langsung naek bus. Ternyata cuma butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampe ke Sentosa.

Sampe di Sentosa kami rada ’amazed' dengan banyaknya orang, ruamenya polll. Kami langsung ke tempat penjualan tiket pertunjukkan ’Song of the Sea’ seharga 8 SGD. Pertunjukkan ini ada 2 kali setiap hari jam 7.40 pm dan 8.40 pm. Ketika kami antri pertunjukkan untuk jam 7.40 pm udah abis jadi kami beli yang untuk jam 8.40 pm. Oke sekarang waktunya keliling naik Sentosa bus mumpung masih rada terang. Di sini kita bisa bebas naik bus warna apa saja untuk keliling tanpa dipungut biaya lagi. Tapi kalo nyobain wahananya, ya bayar lagi.

Dua kali naik yellow bus dan blue bus, kami turun di Siloso Beach. Cuma duduk-duduk sebentar di atas pasir yang katanya di ambil dari pantai di Indonesia, kami mulai jalan-jalan dan foto dong.

Pas jalan kami liat antrian sambil petugasnya teriak-teriak ”Song of the sea, line up here” Ih please deh masih satu jam dari pertunjukkan jam 8.40pm. Ya udah kami pasrah deh ikut ngantri.

Pertunjukannya emang keren dari segi teknologi, tapi ceritanya standar banget kok.

Selese pertunjukkan kami langsung ke antrian bus yang balik ke Harbourfront, teteup banyak orang walaupun udah lewat jam 9. Sampe di Harbourfront, kami putusin naik bus aja ke hostel karena kasian kaki udah kecapean dipake jalan seharian.

Bersambung ke Perjalanan 3 Negara : Singapore - Phuket - Hat Yai - KL (Part-4)

Profil Kontributor
Ayu, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintah dengan latar belakang bidang farmasi. Gaya backpackingnya adalah mengunjungi beberapa tempat sekaligus dan (tampaknya) sudah berencana untuk backpacking lagi dalam waktu dekat. :) Tulisan Ayu lainnya dapat ditengok di Arlinda's Site.