Sunday, March 7, 2010

Review Akomodasi : Singapore

Tiga pengeluaran terbesar dalam jalan-jalan ala backpacker pada umumnya mencakup biaya transportasi (tiket pesawat), makanan, dan akomodasi.

Kalau soal akomodasi, biasanya bisa ditekan apabila nebeng kenalan/relasi di negara yang kita datangi (atau bisa coba couchsurfing). Namun apabila kita tidak ada kenalan di tempat yang kita tuju, satu-satunya cara untuk menekan biaya akomodasi adalah mencari penginapan murah, salah satu opsi adalah hostel.

Cara booking hostel dapat secara online melalui www.hostelworld.com, www.hostelbookers.com, www.hostelz.com, dan sebagainya. Pembayaran melalui online ini biasanya menggunakan Credit Card, dengan booking fee sebesar 5-10%, dan dilunasi saat kita sampai di hostel tersebut.

+ + + + +

Di bawah ini adalah dua hostel yang pernah The Backpacker's Notes tempati di Singapura:

Empire Hostel
202A Syed Alwi Road 2nd Floor, corner of Jalan Besar Opposite Mac Donalds, Singapore

Book Hostels Online Now Kami memesan hostel ini dari hostelworld. Sejujurnya, first impression kami terhadap hostel ini memang kurang meyakinkan.

Karena hostel ini terletak di lantai dua sebuah ruko, maka yang terlihat pertama kali adalah pintu hostel --yang rada creepy-- dan pintu tersebut ditempeli kertas yang di-laminating dengan tulisan "Empire Hostel".

Setelah kita konfirmasi kamar kita, untuk masuk ke dalam kita akan dibekali sebuah kartu elektronik, kartu ini nantinya digunakan untuk membuka pintu hotel tersebut (canggih juga!). Namun apabila kita baru datang pertamakali maka kita harus memencet bel yang ada di samping pintu agar penjaganya keluar.

Hostel ini termasuk bersih dan tenang, karena ada peraturan bahwa di atas jam 12 malam tidak boleh ribut. Kamarnya sendiri benar-benar "memanfaatkan ruang", hehehe... Isi kamar kami sendiri: dua tempat tidur tingkat disusun mepet-mepet, dan langsung dibatasi dengan triplek (atau gypsum..?), sehingga aktivitas kamar sebelah tampaknya bisa terdengar. Untungnya hostel ini tenang banget! Tapi itu mungkin juga karena kita pulangnya malem-malem, jadi memang sudah sepi.

Tipe Kamar: 3 bed, private, shared bathroom.
Rate: Rp 890.000,- for 3 people/2 day
Fasilitas:
- Air Conditioner,
- Kamar mandi luar (shared bathroom) dengan air panas,
- Disediakan sebuah komputer dengan koneksi internet 24 jam,
- dan disediakan sarapan/breakfast (roti, selai, dan isian roti lainnya).

Sayangnya, kamar kami tidak memiliki stop kontak, setelah seharian foto-foto keliling kota akhirnya baterai kamera kami habis total & tidak sempat di-charge di mana-mana, karena tidak menemukan stop kontak. (Makanya posting yang ini ngga ada fotonya, lagi berhemat baterai, hehehe...) Tapi overall hostel ini bolehlah untuk numpang tidur sebentar.

Poin utama dari hostel ini adalah: AC-nya dingiiiinnn, suasananya tenang banget, kamar tidur & kamar mandinya bersih, tersedia internet, dan staff-nya juga amat membantu.

Untuk standar Singapur, hostel ini termasuk yang paling murah (teuteup), hehehe. Memang harga sesuai dengan kualitas...


GAS 81
81 Frankel Ave (samping pom bensin), Singapore
Review oleh : Listya Reina Karyadi

Sampai saat ini, saya merasa GAS 81 adalah tempat menginap termurah di Singapura selain menebeng. Bagaimana tidak, terakhir saya kesana waktu libur lebaran 2009 lalu, rate kamar untuk private 3 bed adalah 36 SGD per hari. Sehingga per orangnya 12 SGD saja dan untuk 3 hari, 3 orang 108 SGD. Coba bayangkan, Singapur 3 hari 3 orang 108 SGD. Kayanya sih GAS aja ya. Hehehe.

Yaa memang sih tempatnya jauh, kalok naik MRT yang jalur ijo turunnya di kembangan yang mana udah ampir mentok dan kalau malam hari MRT-nya sepi sekali. Bahkan baru jam 8 malam sudah sepi. Dari MRT ke Frankel Ave juga hanya ada 1 loop bis yang muter-muter dulu ke belasan stop sebelum tiba di GAS 81 ini. Akhirnya pada hari-hari selanjutnya, saya pilih turun MRT di Eunos, terus naik taksi deh dari sana. Mengingat emang tinggal lurus lewat Sims Ave trus belok kanan ke Frankel Ave, ga sampe 10 menit, ga sampe 6 dolar. Murah, dekat, cepat.

Saya sendiri membooking hostel ini lewat www.hostelworld.com. Praktis, bisa lihat-lihat dulu dan baca review-review dari orang yang pernah menginap. Booking fee-nya pun hanya 10% dari total biaya yang dipotong dari kartu kredit. Sisa 90% dibayarkan waktu check in. Rata-rata hostel yang saya booking lewat hostelworld sih bayarnya harus cash (baru 2 hostel kok), jadi harus disiapkan uang sejumlah sisa pembayaran. Tapi, GAS 81 ini bahkan menerima rupiah untuk pembayarannya. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan dolar dan ga bisa gesek kartu.

Penampakan hostelnya sendiri kalau dari luar tidak terlihat merupakan penginapan. Tampilannya seperti ruko, dan kamar-kamar ada di lantai atas. Lumayan sih kalo angkat koper. Sepertinya system check in-nya seperti hostel-hostel lain di Singapur (self check-in). Ada telepon di atas dan kita tinggal telepon ke nomer sana, nanti dia kasih tau kode angka untuk buka lemari besi tempat nyimpen konci kita. Uang pembayaran juga disimpen disana.

Kamarnya ga besar (tentu saja), ada AC yang dingin, TV, jendela. Hehehe, mengingat banyak hostel ga berjendela kan. Kamar mandinya shared. Ada 2 kamar mandi untuk digunakan bersama (tapi ga perna rebutan mandi sih). Ada air dingin dan air panas juga. Ada mesin cuci, ada dapur, dan beberapa peralatan makan.

Ya fasilitasnya memang tidak semewah hotel 100 dolar (harganya aja sepertiganya). Tapi cocok juga untuk orang yang memang butuh kamar untuk tidur dan beristirahat pada malam hari, serta merencanakan perjalanan atau membalas email-email penting (ada 1 komputer dengan internet super 24 jam untuk dipakai bersama). Sarapan tidak disediakan, tapi persis di samping GAS ada Seven Eleven, jadi makan, minum, pulsa semua tinggal jalan ke sebelah.

Foto hostel dipinjam dari www.dreamstime.com

Book Hostels Online Now


Catatan Administrator:
Ke depannya, blog The Backpacker's Notes akan menyediakan topik "Review Akomodasi", yang membahas mengenai akomodasi murah ala backpacker, baik yang baik maupun yang buruk. Semoga membantu.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting